Selain mengelola bisnis yang anda
tekuni, ternyata mengelola pelanggan juga sama pentingnya atau juga bisa
dikatakan kewajiban. Bagaimana bisa?
Bagaimana mengelola pelanggan
agar selalu loyal kepada bisnis kita? Pertama-tama kita harus mendapatkan
pelanggan yang tepat, yakni pelanggan yang memberi harapan dan kontribusi besar
bagi usaha anda, selain itu mempertahankan komunikasi juga penting untuk
peluang bisnis ke depan. Kesuksesan kita dalam mengelola pelanggan berdampak
besar pada kesukesan bisnis anda, terutama untuk jangka panjangnya. Karna kita
tahu bahwa bisnis yang baik itu harus memenuhi beberapa kriteria agar selalu
sukses dan tetap bertahan di kemudian hari.
Kita tidak juga perlu begitu
peduli dengan apa yang kita tawarkan, tapi pelanggan juga membutuhkan penghargaan
dari anda.
1. Beberapa contoh yang efektif
untuk mengelola pelanggan adalah :
1 1. Cintai Customer anda
seperti anda mencintai diri sendiri atau kekasih anda. Yang penting dari contoh
ini adalah kita harus selalu tahu apa yang customer mau, dan sebaiknya kita
memberi lebih dari kemauan customer tesebut. Bagaimanapun reputasinya,
bagaimanapun asal-usulnya, Customer adalah Raja yang harus kita layani dengan
sebaik-baiknya dan sepenuh hati
2. 2. Selalu mengucapkan terimakasih
meski customer belum mau mengorder bisnis anda, dengan kata lain selalu ramah,
ingat selalu, bahwa pelanggan terutama pelanggan baru tidak harus menjadi
target dalam bisnis anda. Karna membangun hubungan baik itu adalah awal dari
kesuksesan bisnis anda, jika pelanggan merasa nyaman dengan anda tentunya
mereka pasti tidak pernah ragu untuk membeli barang kita
3. 3. Memberi fasilitas kupon
diskon untuk pelanggan.
Artinya anda bisa memberi
fasilitas ini dengan ketentuan yang berlaku, misalnya setelah pelanggan membeli
beberapa produk, anda memberi kupon diskon untuk belanja di kemudian hari. namun anda juga harus membuat program untuk menyimpan data dari pelanggan anda. contoh lain adalah jika ada pelanggan anda yang sedang berulang tahun, anda juga bisa memberi dia promosi atau diskon khusus kepada pelanggan yang ulang tahun tersebut. Karena pelanggan juga ingin dianggap istimewa dimata kita, dan itu manusiawi untuk setiap orang
4. 4. Jadilah pendengar yang
baik.
Artinya berkomunikasilah
dengan pelangan dengan lebih mengedepankan perkataan mereka. Pelanggan
akan bercakap apa yang mereka hadapi dan butuhkan. Selebihnya anda hanya
memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhannya.
5. Berkomunikasi dengan pelanggan tidak harus selalu
berjualan. Batasi percakapan dengan selalu menawarkan produk/jasa anda.
Bercakaplah hal-hal yang memberikan pelanggan anda mendapatkan manfaat untuk
mereka. Percakapan yang berarti dan memberikan solusi kepada pelanggan, membuat
pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa anda.
6.
Jadikan pelanggan anda
sahabat. Persahabatan yang bermanfaat akan menghasilkan kepercayaan yang
tinggi. Berhubungan dengan pelanggan sebaiknya menjadikan mereka sahabat dan
teman anda, yang memberikan solusi untuk mereka.